-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Seksi Propam Polres Tanimbar Selalu Rutin Kontrol Tahanan

29 April 2024 | 8:57:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-29T13:57:08Z


Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Tingkatkan kewaspadaan, Piket Propam Polres Kepulauan Tanimbar rutin melaksanakan pengecekan terhadap Rumah Tahanan (Rutan) pada Polres Kepulauan Tanimbar, Minggu (28/04/24) malam.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., melalui Kasi Propam Ipda Sebastianus Metantomwate mengungkapkan, Pengecekan ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap para Tahanan. Meskipun pengecekan sudah rutin kami lakukan, namun upaya ini dilakukan untuk mengingatkan kembali agar selalu siap siaga terhadap pengamanan Internal khususnya kepada para Tahanan yang ada pada Rutan Polres Kepulauan Tanimbar.


“Kontrol rutin ini kami lakukan dua kali dalam sehari yaitu pada siang dan malam hari. Khusus di malam hari, pengecekan akan lebih difokuskan pada kondisi pintu dan ruang tahanan, jumlah tahanan hingga kesiapan Petugas jaga Tahanan” pungkasnya.


Selanjutnya, Kasi Propam menekankan kepada Piket Jaga Tahanan agar diatur jam istirahatnya ketika pada Jam rawan, adakan pemantauan terhadap seluruh Tahanan serta pastikan jumlah Tahanan masih tetap, dan apabila terdapat Tahanan yang mengalami Sakit diharapkan agar segera dilaporkan untuk selanjutnya bisa mendapatkan penanganan Medis.


Selain memastikan kesiapsiagaan Petugas Jaga Tahanan pada saat melaksanakan tugas, Piket Propam juga turut melakukan pengecekan terhadap kehadiran Petugas Jaga, Jumlah Tahanan, kondisi Tahanan, kebersihan ruang jaga maupun ruang Tahanan, kondisi pintu dan gembok hingga barang bawaan yang dilarang berada di dalam ruang Tahanan.


Lebih lanjut Kasi Propam menyebut, meskipun pengecekan sudah rutin dilakukan setiap harinya oleh Petugas jaga tahanan, namun upaya yang dilakukan oleh Personelnya ini tentunya dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan pada pengamanan Internal Polres Kepulauan Tanimbar khususnya terhadap para Tahanan yang ada pada Rutan Polres Kepulauan Tanimbar.


Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Personel Piket Propam, tidak ditemukan adanya barang yang dilarang untuk dibawa masuk ke dalam ruang tahanan, kondisi tahanan dalam keadaan sehat dan lengkap serta ruang tahanan juga terpantau bersih. (Nik Besitimur)

×
Berita Terbaru Update