-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Beri Arahan Bagi Personel, Kapolres Tegaskan Netralitas Polri dalam Pemilu 2024

23 November 2023 | 1:24:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-22T18:27:58Z

 


Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Polres Kepulauan Tanimbar, Sampaikan Komitmen Netralitas anggota Polri dalam Pemilu 2024, Kapolres AKBP Umar Wijaya, S.I.K., pimpin Apel dan berikan arahan kepada Personil yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku 2023-2024 pada halaman Mapolres Kepulauan Tanimbar, Rabu (22/11) pagi.


Apel pengecekan dan kesiapan Personil Ops Mantap Brata tersebut dihadiri oleh para PJU Polres Kepulauan Tanimbar, para Perwira, hingga seluruh Personil yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Salawaku 2023-2024.


Dalam arahannya pada pelaksanaan apel, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., menekankan tentang pentingnya menjaga Integritas serta Netralitas dalam menjamin proses Pesta Demokrasi berjalan dengan aman dan lancar.

 

“Komitmen Polri adalah untuk selalu bersifat Netral, tidak berpihak kepada pihak manapun, dan tidak terlibat dalam politik praktis. Polri dalam hal ini Polres Kepulauan Tanimbar memiliki tugas yang sangat penting untuk menjamin Kamtibmas yang aman dan kondusif selama Pemilu 2024 berlangsung” ungkap Kapolres.

 

Kapolres juga menekankan, bahwa netralitas Polri adalah prinsip utama yang harus dipegang teguh, sebagaimana yang tertuang dalam Parpol Nomor 7 tahun 2022 pasal 4 huruf h tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 

“Setiap anggota Polri Wajib bersikap netral dalam kehidupan politik, kita menjalankan tugas dengan profesional dan tidak akan berpihak kepada pihak manapun” tegas Kapolres.

 

Selain itu, Kapolres juga memberikan arahan kepada Personil Tentang teknis dalam pelaksanaan tugas yang akan dilaksanakan, serta memberikan motivasi kepada Personel dalam memberikan pelayanan, perlindungan dalam melakukan tugas pengamanan di tahapan Pemilu 2024.


Kapolres juga mengatakan, dalam rangka menghadapi tahapan Pemilu perlu dilakukan evaluasi operasi secara rutin. Bagian Ops harus mengorganisir evaluasi setiap minggu dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam pengamanan.


Dalam hal perhelatan Pemilu 2024 agar masing-masing Personel melaksanakan tugas sesuai Satgasnya masing-masing, pastikan kegiatan pemilu berjalan baik dengan melakukan kegiatan Kepolisian sesuai Renops Mantap Brata.


“Lebih lagi meningkatkan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Safari Kamtibmas, Cooling System, Patroli dan dialog dengan Masyarakat” ungkap Kapolres.


Adapun beberapa penekanan yang disampaikan oleh Kapolres diantaranya agar seluruh jajaran saat melaksanakan Patroli, dilaksanakan secara profesional dan Humanis serta simpatik, pedomani ketentuan yang berlaku serta berikan arahan kepada Personel sebelum melaksanakan Patroli tentang cara bertindak serta sasaran dan lain-lain.


Tidak melakukan tindakan yang kontraproduktif dan mencederai Netralitas Polri di tengah Situasi Politik pelaksanaan tahapan Pemilu seperti mendatangi Kantor atau sekretariat Parpol tertentu yang menimbulkan Opini negatif, intimidasi dan keresahan Pihak tertentu maupun Publik.


Agar pelaksanaan Patroli tersebut dibuatkan Video singkat dan diupload pada Media Sosial, Koordinasi dengan Humas agar pelaksanaan kegiatan tersebut menunjukkan Profesionalisme, simpatik dan meningkatkan kepercayaan Masyarakat terhadap Polri, serta kegiatan Patroli 3 Pilar seluruh jajaran dapat dilaporkan setiap hari. (Esau Luturmas)

×
Berita Terbaru Update