• Jelajahi

    Copyright © Media Jurnal Investigasi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sat Binmas Polres Tanimbar Gencar Berikan Sosialisasi dan Imbauan, dalam Rangka Arus Mudik Lebaran 1445 H

    Jurnal Investigasi
    09 April 2024, 08:41 WIB Last Updated 2024-04-09T01:41:57Z


    Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Dalam rangka Arus Mudik Lebaran memasuki Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Satuan Binmas Polres Kepulauan Tanimbar terus gencar berikan Sosialisasi serta Imbauan kepada Masyarakat, bertempat di Pelabuhan Otemer, Desa Otemer, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


    Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. Samponu dan didampingi KBO Sat Binmas Ipda Dwi Sandi Kurniawan tersebut, dengan melibatkan Personel Sat Binmas dalam memberikan Sosialisasi dan Imbauan kepada kepada para Pengemudi Transportasi Laut dan Pengemudi Angkutan Umum maupun Pengemudi Truck dan Pick Up, Senin (08/04/24).


    Kepada Kendaraan Transportasi Laut yang digunakan untuk memuat Penumpang, Kasat Binmas Iptu J. Samponu menghimbau tentang pentingnya alat kelengkapan keselamatan seperti Life Jacket agar selalu sedia berada diatas kapal, hal ini sangat perlu dan penting untuk diperhatikan demi keselamatan serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


    “Apabila kondisi tidak memungkinan untuk berlayar akibat cuaca buruk, sebaiknya ditunda dulu hingga cuaca kembali normal dan jangan memaksakan kehendak untuk mengambil resiko dalam melakukan pelayaran, Demi keselamatan bersama” sambungnya.


    Lebih lanjut Kasat Binmas menghimbau kepada para Pengemudi Transportasi Laut bahwa saat ini arus mudik sudah mulai padat jelang Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1445 H, sehingga perlu memperhatikan Muatan seperti barang maupun Penumpang yang tidak boleh melebihi kapasitas, serta jauhi mengkonsumsi minuman keras ketika sedang mengendarai Transportasi Laut.


    Selain itu, Iptu J. Samponu menyampaikan kepada para Pengemudi Angkutan Umum, mobil Truck serta Pick Up agar menggunakan kendaraan yang layak jalan dan selalu tertib dalam berlalu-lintas (lalin), hal ini tentunya demi keselamatan bersama baik kepada Pengemudi maupun kepada para Penumpang.


    “Ketika bekerja, diharapkan senantiasa menjaga kesehatan serta hindari Minuman Keras agar selamat dalam perjalanan sampai ke tujuan” imbaunya.


    Ia pun menegaskan agar Kendaraan Truck maupun Pick Up tidak diperbolehkan untuk memuat Penumpang, karena diperuntukan untuk memuat barang. Diharapkan agar selalu memperhatikan kelengkapan administrasi kendaraan, barang serta Penumpang tidak boleh melebihi kapasitas muatan serta selalu mengecek kondisi kendaraan saat akan melakukan perjalanan.


    Dalam menjaga Kamtibmas sangatlah penting, sehingga Kasat mengungkapkan bahwa menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas Polisi saja, namun dibutuhkan peran aktif seluruh elemen Masyarakat. Sehingga diharapkan Masyarakat dapat saling menjaga kerukunan antar Warga, jangan mudah mempercayai informasi yang belum tentu kebenarannya. Ia pun berharap agar Masyarakat dapat ikut menggalakkan sistem keamanan di lingkungannya masing-masing.


    Para Pengemudi Transportasi Laut maupun para Transportasi Darat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kasat Binmas beserta Personilnya tersebut. Mereka pun berterima kasih atas kunjungannya pada Pelabuhan Otemer serta turut mengingatkan  lewat Imbauannya.


    “Kami akan perhatikan dan laksanakan semua Imbauan terkait pemuatan barang maupun penumpang serta kondisi alam sebelum melaksanakan aktivitas. Tentunya Imbauan ini sangat bermanfaat, guna mengurangi tingkat kecelakaan di laut maupun di darat” ungkap salah satu Pengemudi. (**)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini