-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres Kepulauan Tanimbar Pimpin Rakor Linsek Operasi Ketupat Salawaku 2024

02 April 2024 | 1:03:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-01T18:03:05Z

 


Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Dalam rangka kesiapan pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Ketupat Salawaku 2024, bertempat di Gedung Pelayanan Lantai II Mapolres Kepulauan Tanimbar, Senin (01/04/24).


Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.l.K., dengan dihadiri oleh para perwakilan dari Forkopimda, para Pimpinan Badan/ Instansi terkait lainnya, para PJU Polres, Danki Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor, Kapolsek jajaran, Kasubden Pom hingga tamu undangan lainya.


Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya tersebut bertujuan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif serta menjamin keamanan Masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa, saat Hari Raya hingga berlanjut ke Arus mudik hingga Arus balik Mudik pada hari raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024.


Mengawali sambutannya, Kapolres AKBP Umar Wijaya, S.I.K., menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Salawaku 2024 tersebut dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024 Polres Kepulauan Tanimbar.


“Kegiatan ini adalah merupakan kegiatan yang rutin kami laksanakan setiap tahun nya. Walaupun rutin dilaksanakan, namun dalam lingkup Kepolisian masuk dalam kategori Operasi khusus yang artinya anggarannya khusus, Personilnya khusus dan kegiatannya juga khusus” ungkapnya.


Sehingga, sambung Kapolres, melalui Operasi ini nantinya kita akan berfokus pada bagaimana menjaga situasi Kamtibmas selama bulan Ramadhan kemudian menjelang Idul Fitri, pada saat Ibadah Sholat Idul Fitri hingga selesai pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri terutama pada rangkaian mengamankan kegiatan Masyarakat yang melaksanakan mudik hingga nantinya kembali.


Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan bahwa kaitan dengan pelaksanaan kegiatan Operasi Ketupat Salawaku ini tentunya seperti biasa kita akan mendirikan Pos pengamanan dan pos terpadu yang direncanakan Pos Pengamanan dibangun pada sekitaran Masjid Agung An-Nur, Pos Pengamanan pada Pasar Omele, Pos Pengamanan yang berlokasi Larat, Kecamatan Tanimbar Utara, serta Pos Terpadu pada area Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki.


“Pelaksanaan kegiatan Operasi ini akan berlangsung kurang lebih selama 13 hari yang akan dimulai sejak tanggal 04 sampai dengan tanggal 16 April 2024 yang akan diawali dengan Apel gelar Pasukan” imbuhnya.


Kapolres berharap agar Pos-Pos tersebut sudah harus disiapkan dari sekarang sehingga ketika selesai apel gelar pasukan, Personel sudah bisa disebar ke Pos nya masing-masing. Ia juga mengungkapkan bahwa Operasi Ketupat ini merupakan Operasi kemanusiaan, yang artinya bagaimana kita siap untuk memberikan Pelayanan terbaik kepada Masyarakat, baik yang akan melakukan mudik hingga kembali, maupun bagi Masyarakat Non Muslim yang tidak merayakan namun memanfaatkan momen libur panjangnya untuk lakukan Liburan hingga memanfaatkan momen liburan ke tempat Wisata Pantai.


“Tentunya pada Wilayah kita ini, jalur Laut pada umumnya merupakan jalur favorit untuk arus mudik maupun balik menggunakan sarana transportasi laut. Yang mana biayanya cukup terjangkau, selain itu dikarenakan Wilayah kita yang juga merupakan Wilayah Kepulauan” terangnya.


Sebelum menutup sambutannya, Dalam kesempatan itu dirinya meminta kepada para Perwakilan dari instansi terkait untuk dapat menyampaikan materi di dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tersebut. Ia pun berharap melalui pelaksanaan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini, semoga seluruhnya memiliki kesatuan visi maupun kesatuan persepsi terkait bagaimana Operasi Ketupat Salawaku 2024 dilaksanakan.


Setelah itu, Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para pimpinan instansi terkait yang hadir, tentang apa saja kesiapan yang telah dilakukan maupun kendala dalam memasuki Idul Fitri 1445 H nantinya. Kegiatan tersebut pun berlangsung dengan aman dan lancar serta ditutup dengan foto bersama. (**)

×
Berita Terbaru Update