• Jelajahi

    Copyright © Media Jurnal Investigasi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jangan "PANIC BUYING," Pemerintah Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Aman.

    Iwan Iskandar
    16 Oktober 2023, 17:48 WIB Last Updated 2023-10-22T01:15:29Z

    Kota Bekasi, Jurnal Investigasi.com - Senin, 16 Oktober 2023. Gerakan Pangan Murah (GPM) digelar bertujuan untuk meningkatkan akses bagi masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau sekaligus untuk memastikan harga bahan pokok aman dan terkendali dan tentunya untuk mencegah kenaikan harga pangan di masa yang akan datang. Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menyediakan berbagai produk bahan pangan beragam dengan harga terjangkau, seperti Beras, Gula Pasir, Daging Ayam, Daging Sapi, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Aneka Buah & Sayur, dan produk-produk UMKM lainnya, Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Rawalumbu. 




    Pj. Wali Kota Bekasi R. Gani Muhamad bersama Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Wakapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Dhany Aryanda, serta jajaran Disketapangtanikan Kota Bekasi, dan Camat/Lurah setempat hadir menyaksikan langsung jalannya GPM yang berhasil meraih antusias tinggi dari masyarakat sekitar.


    Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Bekasi untuk mengatasi kenaikan harga bahan pangan pokok karena dapat menyebabkan meningkatnya pengeluaran biaya pangan bagi masyarakat, dan jika tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan akan berimbas kepada tingkat kesejahteraan masyarakat yang akan menurun.



    "Sebagai langkah solutif, Pemerintah telah meningkatkan produksi pangan dan memperkuat cadangan pangan dan juga melalui Badan Pangan Nasional telah memutuskan menambah pasokan dari Luar Negeri sebesar 2 Juta Ton Beras untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, sedangkan Pemerintah Kota Bekasi telah menyiapkan cadangan pangan sebanyak 23 Ton Beras, serta akan terus berupaya untuk meraih ketahanan pangan dengan meningkatkan produksi pertanian, perikanan dan juga menjamin kebutuhan bahan pangan pokok bagi masyarakat tetap tersedia," ujar R. Gani Muhamad, Pj. Wali Kota Bekasi dalam sambutannya. 


    "Menjaga ketersediaan bahan pangan pokok bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni menganekaragamkan pangan dengan menggantikan bahan pangan beras ke pangan lainnya seperti ubi, singkong dan sumber pangan lokal lainnya, memanfaatkan pangan dengan se-selektif mungkin, hemat pangan dan tidak boros pangan serta tidak membuang-buang makanan, mulai menanam dengan memanfaatkan lahan atau perkarangan, dan Pemerintah Kota Bekasi siap memberikan pendampingan dan menyediakan tempat konsultasi di pusat edukasi tani serta menyediakan bibit di bibit center Kota Bekasi, dan lakukan belanja pangan dengan bijak, " TIDAK MELAKUKAN _PANIC BUYING " ketika terjadi kenaikan harga dan kelangkaan pangan, karena Pemerintah akan terus menjamin ketersediaan pangan," himbaunya.


    Dalam acara GPM tersebut, Pj. Wali Kota Bekasi bersama unsur FORKOPIMDA yang hadir serta para jajaran Pemerintah Kota Bekasi menyempatkan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi bersama Kementerian Dalam Negeri RI secara virtual dan dirangkaikan juga dengan penyerahan bibit cabai kepada para warga yang hadir guna menggugah mereka untuk mulai mencoba menanam bibit sayuran di rumah masing-masing.


    (i one) 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini