• Jelajahi

    Copyright © Media Jurnal Investigasi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    PUPR Bangun Pengolahan Air Limbah untuk IKN

    Redaksi
    26 Oktober 2023, 18:19 WIB Last Updated 2023-10-26T11:19:15Z

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berpidato tentang pembangunan sarana pengolahan limbah di IKN (Foto: PUPR).

    Penajam Paser Utara, Media Jurnal Investigasi-Kementerian PUPR membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan ini sebagai infrastruktur dasar di IKN.

    Sistem teknologi diterapkan untuk mengolah limbah domestik agar menghasilkan standar baku mutu sebelum dilakukan daur ulang. Diharapkan setelah diolah, limbah lebih ramah lingkungan, serta sejalan dengan prinsip IKN sebagai smart city.

    "Pembangunan IKN bukan sekadar memindahkan kota dan gedung-gedung pusat pemerintahan. Tetapi juga merencanakan pusat perkotaan yang modern dengan prinsip IKN sebagai suatu Future Smart Forest City of Indonesia," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di IKN, Kamis (26/10/2023). 

    Kasi Pelaksanaan Wilayah II, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kaltim, Alfrits Steeve Willy Makalew ikut menambahkan. "Sarana dan prasarana pengolahan air limbah ini dihasilkan dari kegiatan perkotaan di KIPP sesuai dengan baku mutu air limbah," ujar Alfrits.

    Alfrits mengatakan, sarana dan prasarana IPAL yang sudah mulai dibangun berada di 3 lokasi. Total kapasitas 5 ribu m3/hari dengan wilayah layanan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. 

    Skema pengolahan limbah menggunakan teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR). Air limbah domestik dialirkan melalui jaringan perpipaan untuk diolah ke IPAL Terintegrasi dengan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). 

    Cara ini menghasilkan standar influen (baku mutu) yang ditetapkan sebelum dilakukan daur ulang. Bahkan sebelum bercampur dengan badan air/dialirkan ke sungai.  (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini