-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Unit UKL Polres Kepulauan Tanimbar Rutin Gelar Patroli Dialogis

28 Februari 2024 | 9:54:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-28T14:54:19Z

 


Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas di malam hingga dini hari, gabungan Piket fungsi yang tergabung dalam Unit Kecil Lengkap (UKL) Polres Kepulauan Tanimbar rutin gelar Patroli cipta kondisi pada seputaran Wilayah Kota Saumlaki, Rabu (28/02/24) dini hari.


Sasaran dari Patroli cipta kondisi ini dengan menyasar pemukiman warga, pertokoan, Obyek vital, Sepeda Motor yang menggunakan Knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis, pengendara yang melawan arus lalu lintas, aksi balapan liar, Miras pada tempat umum atau pinggiran jalan hingga lokasi yang dianggap rawan.


Terjadinya rawan potensi gangguan kamtibmas bermunculan seperti pencurian, kenakalan remaja, hingga gangguan ketertiban umum lainnya di tengah masyarakat disebabkan karena faktor sepinya aktivitas masyarakat di malam hingga dini hari. Oleh sebab itu, Patroli cipta kondisi ini rutin dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi di tengah masyarakat.


Dengan menggunakan Mobil Patroli, anggota patroli gabungan piket fungsi melakukan Mobile dengan rute menyisir Desa Olilit Barat, daerah Tanjung batu, Kompleks Pasar Tanimbar Raya Saumlaki, Pertokoan Saumlaki, Kampung babar, Kompleks KPKN lama, Desa Sifnana, Pasar Omele dan Sepanjang jalan Ir. Soekarno (jalan poros).


Selain cipta kondisi, Tim UKL juga melakukan Dialogis dengan menyambangi beberapa masyarakat yang sedang duduk di pinggir jalan dan menyampaikan Imbauan dan pesan Kamtibmas agar tetap menjaga kondusifitas di lingkungannya. Serta apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan agar segera dapat melaporkan ke Pos Polisi maupun kantor Polisi terdekat.


Dalam kegiatan tersebut juga, Tim Patroli Membubarkan para Pemuda yang sementara berkumpul yang diduga akan melakukan aksi balap liar. Kepada mereka, anggota Kepolisian memberikan Imbauan terkait bahaya dan dampak dari aksi balap liar tersebut serta batasi diri saat nongkrong dan jauhi segala perbuatan yang dapat melanggar hukum.


Menerima laporan dari masyarakat, Petugas pun turut mengamankan terlapor KDRT yang berlokasi di kompleks Gunung Nona Saumlaki untuk dapat diamankan ke Mako Polres Kepulauan Tanimbar guna dimediasi.


Di tempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu O. BATLAYERI mengatakan bahwa pelaksanaan Patroli ini rutin dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dengan tujuan untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.


“Patroli cipta kondisi sekaligus Dialogis ini utamanya digelar pada jam-jam rawan, terutama pada malam, dini hari hingga menjelang subuh yang merupakan waktu istirahat bagi semua orang pada umumnya, sehingga hal itu menjadi tanggung jawab kami (Polri) untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi masyarakat” tuturnya.


Polres Kepulauan Tanimbar berkomitmen untuk semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan melakukan patroli yang intensif dan menjalin kerjasama dengan masyarakat. Diharapkan pula dukungan dari masyarakat untuk bersikap awas dan peduli terhadap keamanan lingkungannya, guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif. (Red)

×
Berita Terbaru Update