• Jelajahi

    Copyright © Media Jurnal Investigasi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Antisipasi Penyebaran Nyamuk Pemdes Setiajaya Adakan Kegiatan Fogging

    Redaksi
    23 April 2024, 11:41 WIB Last Updated 2024-04-23T04:41:40Z

     


    Bekasi. Jurnal Investigasi Com. Untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah, (DBD)  Pemerintah Desa Setiajaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Telah melakukan kegiatan Fogging atau pengasapan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, di Lingkungan Dusun ll  Kampung Teluk Garut. Pada Selasa (23/04/2024).


     Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr, Alamsyah, menjelaskan. Proses pengasapan sendiri, dilakukan di dalam hingga halaman rumah, serta selokan di sekitar permukiman warga, pemberantasan penyakit demam berdarah (DBD) harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat. 


     "Mencegah terjadinya (DBD) membutuhkan dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus menutup wadah penampungan air, mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan menguras atau mengganti air di penampungan air, juga bisa dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk menggunakan obat nyamuk oles, menggunakan kelambu saat tidur, dan menaburkan bubuk larvasida,"ucapnya.


    Sementara itu Kepala Desa (Kades) Sarino, dirinya menghimbau kepada masayarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan. Serta selalu rajin membersihkan bak dan selokan, agar tidak ada genangan air yang menyebabkan timbulnya nyamuk tersebut.


    "Meskipun sudah di fogging, masyarakat sendiri juga harus bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Pemerintah dan  masyarakat, harus kompak dalam memberantas DBD ini,"pungkasnya.


    (Iyus Kastelo)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini