• Jelajahi

    Copyright © Media Jurnal Investigasi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kunjungi Desa Alusi Kelaan, Kapolres Kepulauan Tanimbar Pimpin Jumat Curhat

    Jurnal Investigasi
    05 April 2024, 22:33 WIB Last Updated 2024-04-05T15:33:42Z


    Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Dalam rangka mewujudkan Stabilitas Kamtibmas guna mendengar keluhan dan masukan dari Masyarakat, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., pimpin giat Jumat Curhat.


    Melalui tema Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi sahabat masyarakat), kegiatan Jumat Curhat ini dihadiri oleh para PJU beserta para Perwira Polres Kepulauan Tanimbar, Kapolsek Kormomolin hingga Personel Polres Kepulauan Tanimbar beserta Polsek Kormomolin.


    Kegiatan dengan menghadirkan Camat Kormomolin, Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta Warga Desa Alusi Kelaan ini, berlokasi di Balai Desa Alusi Kelaan, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (05/04/24).


    Nampak terlihat Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., berinteraksi langsung dengan masyarakat Dalam suasana santai, tentunya kegiatan ini menjadi sarana untuk bertukar informasi dengan masyarakat pada seputaran situasi Kamtibmas di kabupaten Kepulauan Tanimbar khususnya pada Desa Alusi Kelaan.


    Kapolres pun menjelaskan bahwa Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan salah satu Program Kapolri sebagai upaya untuk meningkatkan silaturahmi serta menjalin komunikasi dengan masyarakat guna mendengar dan menampung segala keluhan maupun saran dan masukan terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, terutama yang berkaitan dengan Kamtibmas.


    “Masukan beserta kritikan dari masyarakat terkait dengan berbagai permasalahan melalui giat Jumat Curhat ini tentunya hal itu dilakukan sebagai sarana untuk mewujudkan Polri yang Presisi serta terciptanya masyarakat yang aman, sejuk dan damai” ungkapnya.


    Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa saat ini sudah mulai memasuki musim bercocok tanam atau berkebun. Menurutnya ketika musim bercocok tanam dimulai dan dibuka hasilnya, tentunya hal ini sering terjadi permasalahan yang timbul karena masyarakat kita masih menganut hukum adat, dan hukum adat itu sendiri sifatnya masih budaya tutur atau disebut lewat penyampaian saja. 


    Dengan adanya kearifan lokal kita yang budayanya DUAN LOLAT ini, sambung Kapolres, sebetulnya tidak ada satu permasalahan pun yang tidak dapat diselesaikan, sehingga dirinya berharap agar segala persoalan dapat diselesaikan secara bersama-sama melalui duduk Adat.


    Jumat Curhat yang digelar sejak Pukul 12.50 WIT hingga berakhir pada Pukul 14.20 WIT ini pun disimak baik oleh Masyarakat Desa Alusi Kelaan hingga berjalan aman dan lancar serta mendapat tanggapan positif dari Masyarakat yang hadir saat itu. Kemudian disusul dengan giat Jumat Barokah berupa pemberian Bantuan Sosial oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar serta diikuti oleh para PJU hingga Personel kepada para Lansia dan ditutup dengan sesi foto bersama. (**)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini