-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Selamat Jalan Penggagas Kerahiman Ilahi dan Penggerak Perdamaian Maluku

28 April 2024 | 9:21:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-28T14:29:25Z


Saumlaki, Jurnalinvestigasi.com - Kabar duka menyelimuti umat Katolik dan juga masyarakat Kepulauan Tanimbar dan Maluku secara umum. Wakil Uskup Wilayah KKT-MBD Pastor Januarius Oratmangun, Pr atau lebih akrab disapa Pastor Jan, tutup usia di Tanah Evav, Kei, Kabupaten Maluku Tenggara pada 23 April 2024 pukul 21.56 WIT, setelah sebelumnya koma dan tak sadarkan diri sejak 17 April 2024. 


Berbagai ucapan belasungkawa pun disampaikan dari berbagai lapisan masyarakat kepada sosok pencetus Kerahiman Ilahi yang telah menjalani masa Imamatnya selama 23 tahun ini. 


Salah satu ucapan duka cita ini pun disampaikan oleh Ketua Organisasi Pemuda Katolik (PK) KKT Moses Serin saat memberikan penghormatan kepada jenazah yang mana Pastor Jan dikenal oleh Pemuda Katolik KKT sebagai penasehat sekaligus tonggak pergerakan Organisasi. 


Selaku Ketua Organisasi Pemuda Katolik (PK) KKT Moses Serin mewakili seluruh anggota dan badan pengurus memberikan penghormatan terakhir berupa pemberian karangan bunga dan doa singkat kepada jenazah Pastor Jan yang disemayamkan depan Altar Gereja St. Mathias Saumlaki, Sabtu (27/04/2024) siang. 


Dengan deraian air mata, kepada media ini, secara pribadi Moses mengungkapkan kesannya tentang Pastor yang berdarah asli Awear, Fordata, KKT ini yang mana dimata Moses, sosok Pastor Jan merupakan pribadi yang humanis, inovatif dalam gagasan dan bersahaja dalam perilaku. 


"Sebagai moderator Pemuda Katolik sosok Pastor Jan sangat rendah hati dan pekerja keras. Beliau selalu memberikan motivasi dan pandangan kerjasama antar umat beragama, memberikan edukasi yg terbaik untuk kader-kader Pemuda Katolik juga memberikan pandangan yang berguna bagi Pemerintah Dan Gereja" ungkap Moses 


"Atas nama anggota dan badan pengurus Organisasi Pemuda Katolik KKT mengucapkan belasungkawa yang amat dalam atas kepergian Pastor Jan. Kami sangat terpukul dengan kepergian beliau meskipun waktunya sangat singkat tetapi sangat berarti bagi kami. Selamat jalan sang moderator semoga segala kebaikan mu menjadi contoh dan teladan bagi kami, (Pro Ecclesia Et Patria)" tutup Moses.


Di Akhir wawancara, Moses mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dan berbela sungkawa kepada para tokoh agama, Sinode dan seluruh umat GPM KKT, Pemuka Agama dan Seluruh Umat Muslim KKT, Pemerintah Daerah dan para Pimpinan OPD, FORKOPIMDA, dan seluruh masyarakat yang hadir. (Nik Besitimur)

×
Berita Terbaru Update