• Jelajahi

    Copyright © Media Jurnal Investigasi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polres Kepulauan Tanimbar Intensifkan Patroli KRYD

    Jurnal Investigasi
    06 April 2024, 18:15 WIB Last Updated 2024-04-06T11:15:38Z


    Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Dalam upaya mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas serta menciptakan keamanan dan ketertiban adalah merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.


    Seperti halnya dilakukan Polres Kepulauan Tanimbar yang tergabung dalam Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD), melaksanakan Patroli dalam rangka menunjang pelaksanaan Operasi Ketupat Salawaku 2024 pada Wilayah Hukum Polres Kepulauan Tanimbar, Sabtu (06/04/24).


    Dengan menggunakan 1 (satu) unit Kendaraan Truck Dinas Polres Kepulauan Tanimbar, kegiatan Patroli KRYD ini dipimpin oleh Aiptu Muhammad Tamrin selaku Kanit Patroli KRYD  yang diawali dengan pelaksanaan apel pengecekan dan kesiapan Personel.


    Adapun rute Patroli tersebut menyusuri jalan Desa Olilit Raya, Pasar Ngrimase Saumlaki, Jl. Mathilda Batlayeri Saumlaki, Jl. Ki Hadjar Dewantara hingga sepanjang Jl. Ir. Soekarno Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan menyasar pada pusat keramaian, para Pedagang dan pengunjung hingga pada Pemukiman Warga.


    Patroli ini melibatkan pelanggaran maupun kemacetan arus lalu lintas, makanan kedaluwarsa, penimbunan bahan pokok (Sembako), penimbunan bahan bakar minyak (BBM), serta penyakit masyarakat seperti perjudian, miras, premanisme, penyalahgunaan senjata tajam hingga senjata api.


    Selain melakukan Mobile pada seputaran Kota Saumlaki, Petugas Patroli pun melakukan Dialogis dalam rangka untuk menjaga stabilitas Kamtibmas jelang perayaan Idul Fitri 1445 H mendatang, dengan menyambangi para Pedagang maupun Pengunjung sambil berjalan kaki pada area Pasar Ngrimase Saumlaki yang meliputi pasar ikan dan pasar sayur.


    Dalam upaya menciptakan suasana yang harmonis, Petugas memberikan Imbauan kepada para Pedagang maupun Pengunjung yang melaksanakan aktivitas jual beli di area Pasar Ngrimase untuk tetap mewaspadai terhadap segala kemungkinan adanya para pelaku kejahatan (khususnya jambret maupun pencurian) yang memanfaatkan situasi keramaian Pasar. Petugas pun mengajak apabila melihat adanya hal yang mencurigakan agar segera dilaporkan.


    Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu O. Batlayeri mengatakan bahwa Kegiatan Patroli KRYD ini dilaksanakan yang bertujuan untuk mencegah berbagai tindakan yang dapat berpotensi mengganggu ketertiban dan keamanan Masyarakat (Kamtibmas) hingga tindak kejahatan khususnya jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H.


    “Kami pun turut mengajak Masyarakat untuk selalu waspada akan terjadinya kejahatan terutama menjelang lebaran, dimana intensitas warga yang berbelanja akan meningkat, sehingga memungkinkan terjadinya tindak kejahatan” ungkapnya.


    Melalui kegiatan ini, sambungnya, Kami Polres Kepulauan Tanimbar berkomitmen untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga diharapkan semua pihak dapat bekerja sama dan mendukung upaya-upaya Kami dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh Masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (**)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini