-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sat Polair Polres Tanimbar Imbau Nelayan Jaga Keselamatan di Laut

28 April 2024 | 1:05:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-28T06:05:05Z


Jurnalinvestigasi.com, Saumlaki - Guna menjalin Silaturahmi serta lebih dekatkan diri dengan Masyarakat Nelayan adalah merupakan Salah satu tugas Personel Sat Polairud agar bisa Mensosialisasikan, membina, mengarahkan serta memberikan bimbingan dan informasi- informasi tentang Kamtibmas di perairan kepada Nelayan.


Seperti yang terlihat pada kegiatan rutin yang dilakukan oleh Personel Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar, Sabtu (27/04/24) melalui giat "Bacarita Basudara Manise” dalam menyambangi Masyarakat Nelayan di Pesisir Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Dalam kunjungannya, Personel Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar menghimbau kepada Masyarakat Nelayan untuk tetap memperhatikan kelayakan dan kapasitas kapal pada saat melaut, menjaga keselamatan serta kesehatan dan lengkapi alat- alat keselamatan pelayaran seperti Life jacket maupun fasilitas keselamatan lainnya.


Lebih lanjut Masyarakat Nelayan pun diimbau agar tetap memperhatikan serta mewaspadai kondisi cuaca di laut yang terkadang berubah menjadi ekstrim akibat perubahan cuaca. Hal ini tentunya dianggap sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan demi keselamatan diri.


Selain itu, Petugas pun menghimbau kepada Para Nelayan untuk tidak membawa barang ilegal seperti obat-obatan terlarang/ narkotika, minuman keras dan barang ilegal lainnya yang diangkut dengan kapal. Serta tidak menggunakan bahan peledak pada saat melakukan penangkapan ikan yang bisa berakibat menghancurkan ekosistem di Laut, hal ini tentunya bertentangan dengan Hukum.


Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda A. Mikini mengatakan bahwa kegiatan ini rutin kami (Polri) lakukan dengan menyasar kepada para Nelayan termasuk Masyarakat Pesisir, guna mengajak serta memberikan edukasi tentang penting keselamatan dalam berlayar maupun kesadaran hukum, sehingga dapat lebih Waspada dengan situasi keamanan lingkungan saat melaut.


“Patroli perairan selalu kami laksanakan sebagai upaya untuk menciptakan Situasi Kamtibmas di Perairan dan Warga Pesisir, sehingga terciptanya rasa aman dan nyaman bagi mereka yang hendak melaksanakan aktivitasnya di laut” imbuhnya.


Melalui giat Patroli tersebut, Kasat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar berharap, dapat terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, khususnya pada kawasan Pesisir di Wilayah hukum Polres Kepulauan Tanimbar. (Nik Besitimur)

×
Berita Terbaru Update